Sunday 16 April 2017

Keutamaan hari minggu

Hadits

Dari Abu Hurairah Ra., ia berkata, Rasulullah S.A.W Memegang tanganku seraya bersabda, "Allah menciptakan tanah pada hari sabtu, dan Dia menciptakan gunung di dalamnya pada hari ahad, dan Dia menciptakan pepohonan pada hari senin, dan Dia menciptakan bahan-bahan mineral pada hari selasa, dan Dia menciptakan cahaya pada hari rabu, dan Dia menebarkan hewan melata pada hari kamis, dan Dia menciptakan Adam ba'da ashar pada hari jumat."

(muslim , 2792 / jawami'ul kalim, 5002)

Amalan

Dari Kuraib, bahwasanya Ibnu Abbas dan beberapa orang dari sahabat Rasulullah S.A.W memerintahkan ku pergi ke Ummi salamah untuk bertanya pada hari apa Rasulullah S.A.W banyak berpuasa. Ia menjawab " sabtu dan ahad " . Kemudian aku kembali kepada mereka untuk memberitahu mereka akan tetapi mereka seakan tak percaya. Kemudian mereka pergi ke Ummi Salamah, mereka berkata, kami mengutusnya agar dia bertanya suatu hal dan dia bilang engkau menjawab sabtu dan ahad?. Ia menjawab "benar" . sesungguhnya Rasulullah S.A.W banyak berpuasa pada hari sabtu dan ahad. Beliau pernah bersabda, " hari sabtu dan ahad adalah hari raya bagi orang-orang musyrik dan aku hendak menyelisihi mereka."

(Shahih Ibnu Huzaimah, 2025 / jawami'ul kalim, 2029)

Ringkasan Amalan
* Rasulullah S.A.W tidak merayakan hari sabtu dan ahad, beliau banyak berpuasa hari sabtu dan ahad.



Sumber: Salaam

No comments:

Post a Comment

Shalat

Shalat Shalat adalah ritual atau ibadah bagi para pemeluk agama  Islam . Menurut syariat  Islam  praktik shalat harus sesuai dengan segala...